17 Jun

Investasi Ala Benjamin Graham

Benjamin Graham adalah seorang tokoh yang dianggap sebagai pemimpin analisis finansial. Ia mendapat kehormatan itu karena “sebelum dirinya, tidak ada profesi [analisis finansial]“, Dua hasil karya Graham yang paling terkenal adalah Security Analysis, yang ditulinya bersama David Dodd, dan terbit pertama kali pada tahun 1934; dan The Intelligent Investor, yang pertama kali terbit pada tahun 1949.

Intisari Security Analysis adalah bahwa portofolio saham biasa yang terdiversifikasi dan terseleksi dengan baik, dengan didasarkan pada harga yang pantas, dapat menjadi investasi yang baik. Langkah demi langkah yang dilakukan secara hati-hati, Graham membantu para investor melihat logika dari pendekatannya.

Graham mempersempit konsep investasi yang baik menjadi suatu slogan yang disebutnya “marjin keamanan“. Dengan slogan ini, ia berpaya untuk menyatukan semua surat berharga, saham, dan obligasi menjadi satu pendekatan tunggal dalam berinvestasi.

Intinya, marjin keamanan ada di saat surat berharga (saham, obligasi, dll) yang dijual karena alasan apapun di harga yang lebih rendah dibandingkan nilai riilnya. Istilah membeli saham dibawah nilai riilnya kita akan sebut dengan undervalued. 

Semakin besar selisih antara harga saham dengan nilai intrinsiknya , maka konsep marjin keamanan dapat digunakan untuk memilih saham. Nah untuk mencari nilai ini. Graham mengakui bahwa para investor membutuhkan cara untuk mengidentifikasi saham-saham yang undervalued. Dan itu berarti mencari nilai yang ditentukan oleh fakta-fakta. Hal ini mencakup aset suatu perusahaan, pendapatan dan dividennya, dan prospek nyata apa pun di masa depan.

Terdapat dua pendekatan utama Graham untuk memilih sham biasa yang , jika diterapkan akan melekat dengan marjin keamanan. Pendekatan yang pertama adalah membeli suatu perusahaan dengan harga kurang dari dua per tiga dari nilai aset bersihnya. Dan kedua adalah memfokuskan pada saham-saham dengan rasio harga terhadap pendapatan (P/E) yang rendah.

Graham menganggap hal ini merupakan metode investasi yang mudah dan aman. Saham yang ingin dibeli Graham juga harus memiliki dividen yang besar serta utang yang kecil dalam kasusnya dividen yang dibagikan adalah 3% (dividen yield). Dan utang yang rendah dari asetnya (DAR < 1).

Sumber:

The Warren Buffet Way, Robert G Hagstorm

The Intelligent Investor, Benjamin Graham

The Essential Warren Buffet, Robert G Hagstorm

08 Mei

Mengintip Serunya Sekolah Pasar Modal Gelombang 2 (4 Mei 2017)

 

Sekolah Pasar Modal Gelombang 2 (4 Mei 2017) berjalan dengan lancar dan seru banget pada Level 1 dibawakan dari Perwakilan PT Bursa Efek Indonesia materi yang diberikan tentang kenapa kita harus berinvestasi di saham serta keuntungan-keuntungan investasi disaham dibandingkan instrumen lainnya.DSC_4174 DSC_4175 DSC_4180

Pada Level 2 materi disampaikan dari PT Valbury Sekuritas Indonesia, tentang pandangan analis terhadap ekonomi untuk beberapa bulan kedepan. Menurutnya beberapa bulan kedepan Pasar Saham akan sedikit bergejolak karena aksi ambil untung investor dan kurangnya sentimen positif di pasar.DSC_4192 DSC_4196 DSC_4198 DSC_4201

10 Apr

Serunya Sekolah Pasar Modal 29 Maret 2017

Cover-SPM

Galeri Investasi Universitas Gunadarma bekerja sama dengan PT Bursa Efek Indonesia dan PT Valbury Sekuritas Indonesia mengadakan Sekolah Pasar Modal (SPM) pada tanggal 29 Maret 2017 kemarin.

SPM berlangsung selama dua sesi. Sesi pertama dibawakan oleh Pak Fadly Fattah dari PT Bursa Efek Indonesia yang mengajarkan tentang pentingnya berinvestasi sejak dini dan mengenalkan manfaat apa saja yang di dapat jika berinvestasi di Pasar Modal Indonesia.

SPMe3

SPMe4Setelah memberikan materi SPM sesi pertama peserta SPM diberikan makan siang dan makan siang bersama. Setelah menyelesaikan makan siang dan beristirahat sejenak SPM sesi kedua dibawakan oleh Bapak Alfiansyah yaitu Head of Research PT Valbury Sekuritas indonesia pada sesi kedua ini Bapak Alfiansyah mengajarkan metode analisis untuk berinvestasi di pasar modal.

SPMe6

SPMe7

SPMe1

SPMe2

SPMe5

Nah seru kan makanya yuk ikut Sekolah Pasar Modal jika ingin ikutan juga kamu dapat mendaftar Sekolah Pasar modal via link berikut http://gi.gunadarma.ac.id/?p=1101

 

 

05 Apr

Belajar Investasi Saham di Kelas Yuk Nabung Saham

 

 

Belajar Investasi Saham di Kelas Yuk Nabung Saham

Kelas Yuk Nabung Saham-01

 

Galeri Investasi Universitas Gunadarma bekerja sama dengan PT Bursa Efek Indonesia dan PT Valbury Sekuritas Indonesia mengadakan Kelas Yuk Nabung Saham. Kelas Yuk Nabung Saham ditujukan kepada investor yang ingin belajar lebih jauh tentang investasi yang dibimbing oleh Bapak Alfiansyah selaku Head of Research PT Valbury Sekuritas Indonesia. Kelas Yuk Nabung Saham akan dilaksanakan pada :

Hari/Tanggal : Rabu, 12 April 2017
Jam : 10.00 Wib – 12.00 Wib
Lokasi : Ruang Workshop, Galeri Investasi Universitas Gunadarma. Lantai 2, Kampus E.

Syarat untuk mengikuti Kelas Yuk Nabung Saham adalah telah menjadi investor
Kelas pertama akan dibuka tanggal 12 April 2017, kamu bisa daftar kelas Yuk Nabung Saham dengan registrasi online via : goo.gl/Z8YUNi

Peserta Kelas Yuk Nabung Saham akan mendapatkan snack.

Info lebih lanjut bisa menghubungi :
0857-5038-7729

Daftar Sekolah Pasar Modal

 

21 Mar

Mengintip serunya Seminar “Peluang Investasi Saham di Tahun Ayam Api” 2017

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Halo Sahabat Galeri tanggal 16 Maret 2017 kemarin KSPM Universitas Gunadarma dan Galeri Investasi Universitas Gunadarma bekerja sama dengan Bursa Efek Indonesia dan PT Valbury Sekuritas Indonesia mengadakan acara seminar “Peluang Investasi Saham di Tahun Ayam Api”. Nah mau tahu gimana kegiatannya ? Yuk simak foto-foto kegiatan kita.

Pemberian GoodieBag

Peserta absen

Kegiatan pertama diawali dengan pendaftaran ulang bagi peserta baik mahasiswa maupun dosen. Peserta mendpatkan Goodie Bag gratis dari PT Valbury Sekuritas Indonesia. Para pembicara juga sudah berkumpul acara siap dimulai.

Pembicara dan moderator telah berkumpul

Peserta yang sudah registrasi di arahkan oleh kakak panita ini.Penerima Peserta

Nah kemudian ada sambutan juga dari ketua panitia acara yaitu Yurian Haris.

Ketua panitia sambutan

 

 

Kemudian Ketua Galeri Investasi Bapak Alvin Pratama memberikan sambutan.

Sambutan Pak Alvin

Sambutan  berikutnya oleh Bapak Hosea Nicky Hogan ternyata perekonomian ekonomi kita lagi bagus-bagusnya loh. Bapak Hosea Nicky Hogan adalah Direktur Pengembangan PT Bursa Efek Indonesia.

Sambutan Pak Nicky

Habis itu ada sharing pengalaman berinvestasi di pasar modal oleh Kak Dimas Raka Prayudha. Dia sharing tentang saat dia sukses menjadi juara di suatu kompetisi saham.Dimas Sharing pengalaman

Habis itu ada Pak Hosea Nicky Hogan memberikan materi tentang kenapa kita harus berinvestasi di pasar modal.materi pak nicky

Nah setelah pembawaan materi dari Bapak Hosea Nicky Hogan selanjutnya pembawaan materi oleh Bapak Nico Omer yaitu Head of Research PT Valbury Sekuritas Indonesia memberikan pandangannya tetap saham-saham yang menarik untuk diinvestasikan.

Pak Nico MateriPak Nico Mater 2

Kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab para peserta sangat aktif dalam memberikan pertanyaan.Sesi Tanya Jawab 5 Sesi Tanya Jawab 4 Sesi Tanya Jawab 3 Sesi Tanya Jawab 2

Gak hanya praktikan moderator dan para pembicara sangat baik dalam memberikan jawaban. Sesi Tanya JawabPak Nicky Menjawab copy Pak Nico Menjawab

Setelah memasukin akhir acara Bapak Alvin Pratama selaku moderator dan Ketua Galeri Investasi Universitas Gunadarma memberikan plakat kepada kedua pembicara.Penyerahan plakat Penyerahan plakat 2

Plakat      Setelah penyerahan plakat ada sesi foto-foto dengan pembicara, para panitia semangat sekali berfoto dengan pembicara.Pak Nico dan Pak Alvin dan MC Pak Nico dan MC Pak Nico dan KNPM Pak Nico dan Asisten

Nah bagaimana menurut kalian acaranya seru kan ? Makanya jangan lupa untuk ikuti terus sosial media dan kegiatan dari Galeri Investasi Universitas Gunadarma. Kamu juga bisa belajar dengan datang ke Galeri Investasi Universitas Gunadarma.

20 Mar

7 Saham Dengan Kapitalisasi Terbesar di Indonesia

   WhatsApp Image 2017-03-20 at 11.03.56

Banyak cara menilai suatu perusahaan, salah satunya dengan melihat kapitalisasi perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Kapitalisasi pasar adalah cara paling muda dan dapat diandalkan untuk menentukan nilai pasar perusahaan. Kapitalisasi pasar merupakan cerminan nilai total semua saham yang beredar di pasar. Kapitalisasi pasar didefinisikan sebagai nilai saham perusahaan yang dikalikan dengan jumlah total saham yang beredar. Nilai ini digunakan untuk mengukur ukuran perusahaan secara keseluruhan yang artinya semakin besar kapitalisasi perusahaan maka semakin besar pula perusahaan tersebut. Nah berikut 7 Perusahaan dengan kapitalisasi terbesar di tahun 2016 kemarin.

Data per-2016

  1. M. Sampoerna Tbk. (Rp 445 Trilliun)

WhatsApp Image 2017-03-20 at 11.03.56 (7)

PT HM Sampoerna Tbk. Adalah perusahaan rokok terbesar di Indonesia. Yang kantor pusatnya berada di Surabaya, Jawa Timur.

  1. Telekomunikasi Indonesia (Persero) (Rp 401 Trilliun)

WhatsApp Image 2017-03-20 at 11.03.56 (6)

PT Telekomunikasi Indonesia adalah perusahaan informasi dan komunikasi serta penyedia jasa dan jaringan telekomunikasi secara lengpa di Indonesia.

  1. Bank Central Asia Tbk (Rp 378 Trilliun)

WhatsApp Image 2017-03-20 at 11.03.56 (5)

PT Bank Central Asia Tbk adalah bank swasta terbesar di Indonesia. Bank ini didirikan pada 21 Februari 1957 dengan nama Bank Central Asia NV dan perna menjadi bagian penting dari Salim Group.

  1. Astra International Tbk. (Rp 335 Trilliun)

WhatsApp Image 2017-03-20 at 11.03.56 (4)

Astra International merupakan perusahaan multinasional yang memproduksi otomotif yang bermarkas di Jakarta, Indonesia. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1957 dengan nama PT Astra International Incorporated.

  1. Unilever Indonesia Tbk. (Rp 296 Trilliun)

WhatsApp Image 2017-03-20 at 11.03.56 (3)

Unilever adalah perusahaan multinasional yang berkantor pusat di Rotterdam, Belanda (dengan nama Unilever N.V.) dan London, Inggris (dengan nama Unilever plc.). Unilever memproduksi makanan, minuman, pembersih, dan juga perwatan tubuh dan telah menjadi produsen barang rumah tanggga tebesar ketiga di dunia.

  1. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (Rp 285 Trilliun)

WhatsApp Image 2017-03-20 at 11.15.16

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk adalah salah satu bank milik pemerintah yang terbesar di Indonesia. Pada awalnya Bank Rakyat Indonesia (BRI) didirikan di Purwokerto, Jawa Tengah oleh Raden Bei Aria Wrjaatmadja dengan nama De Poerwokertosche Hulp en Spaarbank der Inlandsche Hoofden atau “Bank Bantuan dan Simpanan Milik Kaum Priyayi Purwokerto”.

  1. Bank Mandiri (Persero) Tbk. (Rp 267 Trilliun)

WhatsApp Image 2017-03-20 at 11.15.16 (1)

PT Bank Mandiri Tbk. Adalah bank yang berkantor pusat di Jakarta, dan merupakan bank terbesar diIndonesia dalam hal asset, pinjaman dan deposit.

Sumber :

www.idx.co.id

www.sahamok.com

www.wikipedia.org