13 Jul

Pengenalan Pasar Modal Syariah

Yuk berinvestasi secara Syariah!

Assalamu’alaikum sahabat Galeri! Tahukah kamu kalau kita bisa berinvestasi di efek atau surat berharga seperti saham, obligasi, reksadana dan lain-lain dapat dilakukan secara Syariah? Buat kamu yang belum tahu, Yuk simak.. Galeri Investasi mempersembahkan “Berinvestasi di pasar modal secara Syariah!”

Sebenarnya apa itu “efek Syariah?” Efek sebagaimana di maksud dalam Undang-undang pasar modal dan peraturan pelaksanaanya yang akad, cara, dan kegiatan usaha yang menjadi landasan penerbitannya tidak bertentangan dengan prinsip-prinsip Syariah di Pasar Modal.

Efek Syariah terdiri dari saham Syariah, sukuk negara, sukuk korporasi, reksadana Syariah, dan ETF Syariah.

Saham Syariah ditentukan berdasarkan proses seleksi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yaitu dengan kriteria : 1) Tidak melakukan kegiatan usaha yang dilarang secara syariah dan tercatat di BEI (seperti menjual narkoba dan minuman keras, 2) Rasio utang berbasi bunga dibandingkan total asset kurang dari 45% yang terakhir 3) Rasio pendapatan non halal terhadap total pendapatan kurang dari 10%

Nah buat kamu yang masih bingung tentang saham mana saja yang sudah termasuk saham Syariah, kamu tinggal melihat saham-saham yang termasuk kedalam indeks Syariah seperti : Indeks Saham Syariah Indonesia atau ISSI dan Jakarta Islamic Index (JII)

Ada beberapa anggota bursa yang telah mendukung Sistem Online Trading Syariah atau SOTS loh! Jadi kamu hanya bisa membeli saham-saham Syariah saja.

Jika kamu ingin tahu lebih banyak tentang saham Syariah kamu bisa datang langsung ke Galeri Investasi dan bertanya dengan kakak asisten kamu juga bisa belajar melalui buku yang telah disediakan.