28 Feb

Investasi Ala Warren Buffet

warren-buffet-008

Investasi Ala Warren Buffet

Siapa yang tidak kenal dengan Warren E. Buffet ? bahkan seorang yang hanya tau sekilas tentang pasar modal tahu. Warren E. Buffet adalah seorang investor tersukses di dunia. Dia dinobatkan sebagai orang terkaya di dunia pada tahun 2008.

Lalu bagaimana sih cara Warren Buffet melakukan investasinya ?

  1. Membeli perusahaan yang murah adalah langkah investor yang cerdas!

Hal yang pertama dilakukan buffet adalah memastikan perusahaan itu berada di harga yang murah. Bahkan slogan dari Warren Buffet adalah :

buffett_wonderful_company

Yaitu lebih baik membeli perusahaan yang sangat bagus di harga yang murah ketimbang membeli perusahaan yang biasa saja dengan harga yang mahal. Nah mengukur perusahaan murah atau mahal menggunakan analisis fundamental. Nilai perusahaan itu kita sebut dengan intrinsic value atau nilai intrinsiknya.

  1. Fokus kepada pengembalian ekuitas bukan laba per saham.

Warren Buffet lebih senang perusahaan dengan pengembalian ekuitas yang tinggi ketimbang pertumbuhan laba per saham. Karena menurutnya pengembalian ekuitas artinya perusahaan mampu mengembalikan laba yang tinggi dengan modal yang ditanamkan oleh investor.

Kamu dapat menghitung pengembalian ekuitas dengan membagi laba bersih dengan total ekuitasnya.

 return on equity ratio

  1. Carilah perusahaan yang memiliki marjin laba yang besar.

Dengan memiliki marjin laba yang besar artinya perusahaan memiliki biaya operasional yang rendah. Dengan operasional yang rendah artinya perusahaan dapat beroperasi dengan efisien. Dengan biaya operasional yang rendah perusahaan akan memperoleh laba yang lebih besar pula.

  1. Prinsip satu dollar

Apa itu prinsip satu dollar ? Yaitu apabila perusahaan memutuskan untuk tidak membagikan deviden dan lebih memfokuskannya kepada laba ditahan. Perusahaan ditutuntut untuk memperoleh laba dua dollar dari setiap 1 dollar yang diinvestasikan perusahaan. Ya mudahnya perusahaan harus memperoleh pendapatan dua kali lipat atas laba yang ditahan untuk periode berikutnya. Karena jika dibawah satu dollar atau bahkan perusahaan malah mengalami kerugian itu adalah uang yang terbuang sia-sia.

  1. Manajemen yang luar biasa

Yang terakhir Warren Buffet hanya menginvestasikannya kepada perusahaan yang dipimpin oleh orang-orang yang luar biasa. Terutama manejemen yang jujur, karena bagi Warren Buffet menilai karakteristik seseorang jauh lebih rumit ketimbang menilai perusahaan. Karena kejujuran adalah sesuatu yang mahal jangan mengharapkannya dari orang-orang yang murahan.

5174c18cf33c7a85981c47a1f3908b35

Sumber :

The Warren Buffet Way, Robert G Hagstorm

The Essay of Warren Buffet